0
Dikirim pada 11 Maret 2016 di Herbal

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan – Minyak zaitun ini memang sudah dipercaya sejak dulu dan sering digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan dan kecantikan. Minyak ini dihasilkan dari tanaman yang bernama zaitu yang banyak tumbuh di kawasan Mediterania, minyak alami ini sudah sangat terkenal di dunia kesehatan dan kecantikan dan kesehatan karena memiliki banyak kandungan nutrisi yang sangat baik bagi manusia seperti energi, karbohidrat, lemak, protein, vitamin K dan E.

Lalu, apa saja manfaat minyak zaitu untuk kesehatan? Simak informasi selengkapnya dibawah berikut ini.

1.    Dapat Menjaga Kesehatan Kulit

Penduduk Indonesia sering kali mengalami masalah kesehatan kulit seperti kulit kering, ini dikarenakan kulit mengalami kekurangan nutrisi kulit alami. Kandungan nutrisi kulit dapat ditemukan di dalam minyak zaitu, sehingga dapat melembabkan kulit secara alami. Caranya sangat sederhana, anda hanya cukup mengoleskan minyak zaitun pada kulit yang kering dan diamkan semalam. Lakukan secara rutin dan teratur sampai kondisi kulit kembali normal.

2.    Anti Inflamasi

Minyak zaitun memiliki kandungan antioksidan berjenis polifenol yang dapat memban/tu dalam melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Hal ini dikarenakan, kandungan polifenol yang terdapat didalam minyak zaitun dapat bersifat anti inflamasi. Menurut dari hasil penelitian para ahli menunjukan bahwa efek dari polifenol ini dapat bersifat baik untuk kesehatan tulang dan juga pencernaan, sedangkan pada penelitian lain menunjukan bahwa minyak alami ini sangat baik untuk meningkatkan kerja otak dan juga daya ingat.

3.    Dapat Mengontrol Tekanan Darah

Menambahkan minyak zaitu pada menu diet harian selama lebih dari 6 bulan dan di lanjutkan dengan perawatan biasa dapat membantu mengontrol tekanan darah. Menurut dari beberapa kasus yang telah terjadi bahwa minyak zaitun ini sangat baik untuk mereka yang memiliki masalah tekanan darah rendah ataupun tinggi, sehingga dapat menurunkan tingkat konsumsi obat-obatan dan bahkan mereka sudah tidak mengkonsumsi obat-obat sama sekali. Namun untuk melakukan pengobatan ini, sebaiknya jangan dilakukan tanpa ada pengawasan dari dokter.

4.    Menurunkan Kadar Kolesterol

Minyak zaitu merupakan salah satu jenis makanan yang baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat, karena kandungan lemak yang terdapat didalam minyak zaitun bukan jenis lemak jenuh.

5.    Mencegah Kanker

Menurut dari hasil penelitian menunjukan bahwa seseorang yang mengkonsumsi minyak zaitun dapat menurunkan resiko terhadap kanker kolorektal. Selain itu, bagi para kaum wanita yang suka menggunakan minyak zaitun ini untuk perawatan payudara, maka mereka dapat terhindar dari resiko kanker payudara.

6.    Mencegah Stroke

Bagi mereka yang suka mengkonsumsi minyak zaitun ini dapat memiliki resiko terserang stroke lebih kecil jika dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah sama sekali, meskipun hasil dari penelitian ini masih bersifat observasional, namun akan dilakukan penelitian lebih lanjut kepada objek yang suka mengkonsumsinya dengan yang tidak sama sekali.

Efek Samping Minyak Zaitun

Meskipun minyak zaitun ini memiliki banyak manfaatnya bagi kesehatan, namun terdapat juga beberapan efek samping yang ditimbulkan bagi sebagian orang. Sebaiknya bagi anda yang memiliki kondisi seperti dibawah ini tidak mengkonsumsi minyak zaitu, yaitu :

·         Penderita Diabetes

·         Migrain

·         Kanker ovarium

·         Ibu hamil dan menyusui

·         Pasien yang akan menjalani operasi dan setelah operasi

Demikianlah penjelasan yang dapat kamin sampaikan kepada anda semua mengenai manfaat minyak zaitun untuk kesehatan, semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan salam sehat selalu untuk kita semua.

Sumber: http://manfaat.co/manfaat-minyak-zaitun.html



Dikirim pada 11 Maret 2016 di Herbal
comments powered by Disqus


connect with ABATASA